Senin, 21 Desember 2015

Where are you, My Passion?


Passion ya? Kata orang passion itu adalah kombinasi antara kenikmatan, makna dan perasaan. Tapi akankah orang mencari perkerjaan dengan hanya mengandalkan passion? Jika hanya mengandalkan passion, akankah bertemu dengan pekerjaan yang tepat? 

Pertanyaan ini tiba-tiba saja muncul di otak. Sebenarnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion untuk apa sih? Bukankah gunanya pekerjaan adalah mendapatkan uang sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang lebih berguna? Bukankah gunanya sebuah pekerjaan adalah sebagai aplikasi dari ilmu yang telah kita pelajari selama ini? Lalu kenapa mereka selalu berkata kerjakanlah sesuai dengan passion mu. Sedangkan aku sama sekali tidak tahu passion apa yang kumiliki. Lalu aku harus mencarinya dimana?

Aku yakin, diluar sana banyak banget pekerja, karyawan atau bahkan seseorang yang masih berstatus mahasiswa sering bertanya-tanya hal yang sama. Dimanakah aku mampu mencarinya? Passion ku sayang :( 
Dari artikel yang aku baca disana sini. aku sedikit menemukan pencerahan. 

Passion itu, hanya diri sendiri yang mengetahuinya. Apa yang kita mau, apa kelebihan dan kekurangan kita, apa yang membuat kita semangat dan senang menjalani suatu pekerjaan. Kalau begitu, lakukan saja sesuatu yang sesuai dengan hobby kita. Hmm menurutku sih, hobby itu identik buat seneng-seneng, melepas lelah dari pekerjaan yang membosankan. Sedangkan passion itu malakukan suatu hal yang kita sukai tapi juga bermakna. Bukan hanya menghamburkan uang dan membuang waktu luang sedemikian rupa. Tapi juga memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Berbagai contoh tentang passion ada kok di sekitar kita. Hanya saja sebenarnya mata kita enggan melihatnya. Mata ini terlalu sibuk untuk melihat tujuan utama dari hidup mewah, mendapatkan pekerjaan yang layak, dan sebagainya. 

Masalah utamanya adalah apa passion ku? Teori sudah diluar kepala, tapi kenapa hingga saat ini aku belum mampu menemukannya? Mencari passion mungkin dapat diibaratkan dengan mencari jarum di tumpukan jerami. Harus mencari satu kata kunci diantara ribuan kalimat agar mampu menemukan apa yang tersirat didalamnya.  

Aku hanya seorang fresh graduate yang bahkan sampai sekarang belum mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu 5 bulan setelah resmi mendapatkan tambahan kata di belakang nama. Mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion bahkan jauh lebih susah dibandingkan dengan mencari pekerjaan pada umumnya. Aku suka menulis dan melakukan banyak hal baru. Tapi masalahnya itu bukan bidangku dan apakah menulis menjadi passionku? Padahal selain menulis aku juga suka melakukan banyak hal. Lalu apakah semua itu adalah passionku? 

Sejujurnya, aku sudah terlalu lelah mencarimu passion, maukah kau yang berjalan dan menghampiriku disini?  

0 komentar:

Posting Komentar